Aplikasi Penilaian dan Raport Kurikulum 2013 Versi 2019

Aplikasi Penilaian dan Raport Kurikulum 2013 Versi 2019

Aplikasi Penilaian dan Raport Kurikulum 2013 Versi 2019 kami bagikan Gratis untuk Bapak/Ibu jenjang SMP/MTs yang merasa kesulitan dalam menggunakan E-Raport karena Ini dibuat secara manual menggunakan Microsoft Office Excel. Kami bagikan ini tiada lain ingin membantu memudahkan Bapak/Ibu Guru dalam mengelola Nilai Kurikulum 2013 dan Mencetak Raport Sementara Kurikulum 2013. 

Sebelum mendapatkan Aplikasi Penilaian dan Raport Kurikulum 2013 Versi 2019 untuk SMP/MTs, alangkah baiknya dipahami terlebih dahulu Konsep dari Penilaian Kurikulum 2013 berdasarkan Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 dan Panduan Penilaian oleh Satuan Pendidikan jenjang SMP Tahun 2017.

Menurut Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian adalah Proses Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan dalam bentuk ulangan, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan.

Selanjutnya dinyatakan bahwa Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk :
  1. mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi Peserta Didik;
  2. memperbaiki proses pembelajaran; dan
  3. menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, tengah semester, akhir semester, akhir tahun. dan/atau kenaikan kelas.
Menurut Pedoman Penilaian SMP tahun 2017, Penilaian hasil belajar oleh pendidik penilaian terdiri dari pelaksanaan penilaian harian (PH) dan penilaian tengah semester (PTS). Sedangkan Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian sekolah.

A. Bentuk Penilian oleh Pendidik

Penilaian hasil belajar oleh pendidik penilaian terdiri dari pelaksanaan penilaian harian (PH) dan penilaian tengah semester (PTS).
  1. Penilaian Harian : Penilaian harian dilaksanakan setelah serangkaian kegiatan pembelajaran berlangsung sebagaimana yang di- rencanakan dalam RPP.
  2. Penilaian Tengah Semester (PTS) ; Penilaian tengah semester (PTS) merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar mata pelajaran setelah kegiatan pembelajaran berlangsung 8-9 minggu. Cakupan PTS meliputi seluruh KD pada periode tersebut.
B. Bentuk Penilian oleh Satuan Pendidikan

Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian sekolah.

  1. Penilaian Akhir Semester ; Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester gasal. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut. Hasil penilaian akhir semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.
  2. Penilaian Akhir Tahun ; Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap saja, atau dapat merepresentasikan KD dalam kurun waktu satu tahun pelajaran (mencakup KD pada semester 1 dan semester 2). Hasil penilaian akhir tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.
  3. Ujian Sekolah ; Ujian Sekolah (US) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan penyelesaian dari satuan pendidikan. Mata pelajaran yang diujikan adalah semua mata pelajaran yang diajarkan pada satuan pendidikan tersebut. Untuk beberapa mata pelajaran, ujian sekolah diselenggarakan dalam bentuk ujian tulis dan ujian praktik, namun beberapa mata pelajaran lain dilaksanakan dengan ujian tulis atau ujian praktik saja. Pengaturan tentang hal ini dan pelaksanaan secara keseluruhan diatur dalam POS Ujian Sekolah yang disusun oleh satuan pendidikan.

Hasil Analisis Ujian Sekolah (US) digunakan Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Perbaikan Proses Pembelajaran secara Keseluruhan Pada Tahun berikutnya. Hasil Ujian Sekolah dilaporkan Satuan Pendidikan Kepada Orang Tua/ Wali Murid dalam bentuk Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU). Dan itu merupakan salah satu pertimbangan Kelulusan Perseta didik dari Satuan pendidikan.

Pastinya dalam melakukan Penilaian Kurikulum 2013 tanpa adanya suatu pemahaman yang detail akan serasa sulit sekali. Tapi mudah-mudahan dengan Aplikasi Penilaian dan Raport Kurikulum 2013 Versi 2019 yang dibagikan kami kali ini bisa membantu dalam mengelola nilai kurikulum 2013 serta mencetak raport Kurikulum 2013 versi revisi 2019.

Tidak hanya membagikan Aplikasi Penilaian dan Raport Kurikulum 2013 Versi 2019 untuk akhir tahun pelajaran, kami juga membagikan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 untuk semester 1 dan semester 2. Dan semuanya disatukan dalam 1 folder yang disimpan di Google Drive supaya lebih mudah dalam mendapatkannya. Bagi anda yang berminat Silahkan Download saja Aplikasi Penilaian dan Raport Kurikulum 2013 Versi 2019 melalui link dibawah ini ;

Link Download Aplikasi Penilaian dan Raport Kurikulum 2013 Versi 2019 --- DISINI
Baca Juga
Demikianlah Pembahasan Mengenai Aplikasi Penilaian dan Raport Kurikulum 2013 Versi 2019 Semoga bermaanfaat. Jangan Lupa untuk di Share Kembali