Kisi-kisi USBN SD/MI Tahun 2018 Resmi BSNP

Excel Berkas Sekolah - Berikut ini kami bagikan Gratis Kisi-kisi USBN SD/MI Tahun 2018 Resmi BSNP yang sudah di release tanggal 25 Januari 2017.

Kisi-kisi USBN SD/MI Tahun 2018 Resmi BSNP
Download Kisi-kisi USBN SD/MI Tahun 2018 Resmi BSNP
Hanya mengingatkan saja bahwa sebelumnya BSNP telah merubah atau merevisi POS UN Tahun 2018 untuk semua jenjang resmi dengan surat edaran dan point-point Revisinya. Setelah BSNP pada tanggal 25 Januari 2017 merelease juga Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018 atau tahun Pelajaran 2017/2018.

Lihat Juga : Revisi POS UN Tahun Pelajaran 2017/2018

Mata Pelajaran USBN SD/MI Tahun 2018

  1. BAHASA INDONESIA (irisan)
  2. MATEMATIKA (irisan)
  3. Ilmu Pengetahuan Alam (irisan)

Kisi-Kisi Soal USBN Bahasa Indonesia SD/MI Tahun 2018

Menyimpulkan dan Menggunakan konsep/prinsip
  1. Membaca Nonsastra (menentukan ide pokok teks, menggali informasi tersirat teks, menentukan pernyataan sesuai isi teks, mengidentifikasi jenis teks.)
  2. Membaca Sastra : menggali informasi tersirat dalam karya sastra(menyimpulkan/memaknai bagian teks ) dan menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
  3. Menulis Terbatas : menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu), menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi), melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato), melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan.
  4. Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca : menggunakan ejaan, menggunakan tanda baca
Penalaran (Mengevaluasi, Membandingkan pola (menganalisis), Menanggapi)

  1. Membaca Nonsastra (Peserta didik dapat:memprediksi kejadian berdasarkan isi teks;membandingkan isi teks;melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks;)
  2. Membaca Sastra (Peserta didik dapat: memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita;menentukan nilai-nilai cerita;menentukan keteladanan tokoh cerita;)
  3. Menulis Terbatas (Peserta didik dapat: memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata;  memperbaiki tata kalimat dalam paragraf.)
  4. Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca (Peserta didik dapat: memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan ;memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca.)

Kisi-Kisi Soal USBN Matematika SD/MI Tahun 2018

Pengetahuan dan pemahaman (Mengidentifikasi, Membuat tabulasi, Menghitung, Menginterpretasi, Menentukan.)
  1. Bilangan (operasi hitung bilangan cacah, operasi hitung bilang bulat, operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga, KPK dan FPB, pecahan, perbandingan.)
  2. Geometri dan Pengukuran (satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum, waktu, jarak, dan kecepatan, keliling dan luas segiempat, keliling dan luas lingkaran, sifat-sifat bangun datar, sifat-sifat bangun ruang,  koordinat Kartesius, simetri dan pencerminan.)
  3. Pengolahan Data (penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran, rata-rata hitung dan modus)
Aplikasi (Mengklasifikasi, Menentukan, Menghitung, Menyelesaikan masalah.)
  1. Bilangan (operasi hitung bilangan cacah, operasi hitung bilang bulat, operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga, KPK dan FPB, pecahan, perbandingan.)
  2. Geometri dan Pengukuran (satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum, waktu, jarak, dan kecepatan, keliling dan luas segiempat, keliling dan luas lingkaran, sifat-sifat bangun datar, sifat-sifat bangun ruang,  koordinat Kartesius, simetri dan pencerminan.)
  3. Pengolahan Data (penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran, rata-rata hitung dan modus)
Penalaran (Memprediksi, Membedakan, Menafsirkan, Menyimpulkan)
  1. Bilangan : (operasi hitung bilangan cacah, operasi hitung bilangan bulat, KPK dan FPB, pecahan, perbandingan)
  2. Geometri dan Pengukuran : (satuan ukuran, waktu, jarak, dan kecepatan, keliling dan luas segiempat, keliling dan luas lingkaran, luas permukaan kubus, balok, dan tabung, volume kubus, balok, dan tabung.)
  3. Pengolahan Data (penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran, rata-rata hitung dan modus)

Kisi-Kisi Soal USBN Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI Tahun 2018

Pengetahuan dan Pemahaman (Mengidentifikasi, Menunjukkan, Memberi contoh, Menyebutkan)
  1. Makhluk Hidup dan Lingkungannya (hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya, penyesuaian diri makhluk hidup, pelestarian lingkungan)
  2. Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup (bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya, daur hidup hewan, alat gerak dan fungsinya, sistem pernapasan pada manusia/hewan, sistem pencernaan pada manusia, sistem peredaran darah pada manusia, perkembangbiakan makhluk hidup, perkembangan dan pertumbuhan manusia, pemeliharaan kesehatan organ)
  3. Benda dan Sifatnya (sifat benda, perubahan wujud benda)
  4. Energi dan Perubahannya (gaya dan gerak, bentuk energi dan perubahannya, suhu dan kalor, bunyi dan cahaya, listrik dan magnet)
  5. Bumi dan Alam Semesta (sumber daya alam, Daur air, sistem tata surya)
Aplikasi : Menerapkan, Membandingkan, Mengklasifikasi
  1. Makhluk Hidup dan Lingkungannya (hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya, penyesuaian diri makhluk hidup)
  2. Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup (daur hidup hewan, mekanisme sistem gerak, mekanisme sistem organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah), pemeliharaan kesehatan organ)
  3. Benda dan Sifatnya (sifat benda, perubahan wujud benda)
  4. Energi dan Perubahannya (gaya dan gerak, bentuk energi dan perubahannya, suhu dan kalor, bunyi dan cahaya, listrik dan magnet)
  5. Bumi dan Alam Semesta (sumber daya alam, Daur air, sistem tata surya)
Penalaran : Menganalisis, Memprediksi, Menyimpulkan
  1. Makhluk Hidup dan Lingkungannya (hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya, penyesuaian diri makhluk hidup)
  2. Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup (hubungan antara system organ dan gangguan yang ditimbulkan, percobaan pada system organ hubungan antara daur, hidup/perkembangbiakan dengan pelestarian makhluk hidup)
  3. Benda dan Sifatnya (perubahan wujud benda)
  4. Energi dan Perubahannya (gaya dan gerak, bentuk energi dan perubahannya, suhu dan kalor, bunyi dan cahaya, listrik dan magnet)
  5. Bumi dan Alam Semesta (sumber daya alam, Daur air, sistem tata surya)

Preview Kisi-kisi USBN SD/MI Tahun 2018 Resmi BSNP



Download File :
Catatan : Untuk Soal Latihan USBN SD/MI 2018 akan kami bagikan secepatnya
Demikianlah Pembahasan Mengenai Kisi-kisi USBN SD/MI Tahun 2018 Resmi BSNP Semoga bermaanfaat. Jangan Lupa untuk di Share Kembali